Batik Keris

Batik Keris

Batik keris merupakan salah satu jenis motif batik terbaik dan paling di rekomendasikan oleh seluurh masyarakat di Indonesia. Jenis batik ini produksi pusatnya di Solo, Jawa Tengah yang meliputi pabrik batik tradisional, garment, dan toko-toko lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan ini sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam produksi batik dari home industri hingga kini sudah menjadi sangat berkembang dan sangat dipercaya oleh masyarakat di seluruh Indonesia.

Batik Keris

Batik Keris

Pabrik batik keris ini didirikan dengan tujuan untuk dapat melestarikan budaya Indonesia melalui media pakaian seperti batik, ikat, lurit, dan lain-lainnya. Kerajinan-kerajinan yang terdapat di dalamnya pun ingin juga di kembangkan menjadi perusahaan yang berperan sebagai “Pusat Kerajinan Nusantara”.Meskipun produk dari perusahaan ini adalah batik yang umumnya menggunakan teknik tradisional yang juga bermotif atau bermodel tradisional, namun berbagai model batiknya kini sudah mengikuti tren yang sangat kekinian. Produk-produk yang di tawarkan di antaranya ialah koleksi sutra wanita, slim fit collection, teenager, profesional, dan keluarga. Sasaran pasar yang dituju oleh Batik Keris ini adalah target pasar menengah ke atas dan mereka juga menawarkan produk milik mereka dengan harga yang pantas ┬ádan sewajarnya (value for money and quality).

Sebagai perusahaan pelestari budaya bangsa, Batik Keris ini memiliki misi untuk membuat seluruh masyarakat Indonesia bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan negeri yang sedemikian kaya nyajuga disertai dengan beragam budaya.Negeri yang juga juara terkait alam beserta pemandangannya seperti pegunungan, pantai, laut, flora dan fauna. Dengan rasa syukur yang amat dalam, keanekaragaman bukanlah lagi suatu hal pemecah, tetapi justru sebagai pemersatu Bangsa Indonesia.Maka dari itu, atas apresiasinya yang tinggi, Batik Keris ini bermisi untuk melestarikan budaya bangsa dengan menggali berbagai seni sejak zaman dahulu yang kemudian mempopulerkannya di tengah masyarakat sesuai zamannya.Modifikasi, evolusi serta inovasi terus dikembangkan dan merupakan suatu hal yang sangatlah penting agar budaya tersebut dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Toko-toko Batik Keris akan terus mencoba untuk mewakili keindahan beragam budaya Indonesia.

Cara pembuatan batik kerisdi perusahaan ini terbagi menjadi 2 cara, yaitu dengan sistem manual dan dengan mesin. Jika menelusuri makna dari kata “batik” itu sendiri, “batik” adalah cara pembuatan kain dimana teknik pewarnaan kain harus menggunakan prosedur dan metode manual tradisional wax-resist dyeing, yang mana berarti malam. Wax-resist dyeing ini digunakan untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain secara keseluruhan.Pembuatannya dapat dilakukan dengan dua metode yaitu, cap dan tulis.Namun, pembuatan secara manual ini memakan waktu yang sangat lama dibandingkan dengan pembuatan batik print. Batik yang dibuat dengan cara di print ialah sebuah pembuatan dimana motif batik yang akan di buat dirancang dengan menggunakan komputer dan umumnya diproduksi dalam jumlah besar dengan menggunakan mesin.

Sejarah Batik Keris dimulai pada tahun 1947, yakni ketika Almarhum Kasom Tjokrosaputro beserta istrinya, Ibu Gaitini, mulai berdagang batik setelah mereka menikah.Mereka mengenal dan mempelajari batik dari orang tua Bapak Kasom Tjokrosaputro dulu.Kemudian, mereka mencoba untuk membuka toko batik yang bernama “Keris” terletak di Jl. Kom.Yos Sudarso (Jl. Nonongan No. 62), Solo. Batik Keris terus berkembang hingga akhirnya pada tahun 1970, mereka mendirikan pabrik printing di Kleco, Solo, yang kemudian pembukaan toko di Sarinah (1972), dan pembukaan kantor pusat dan pabrik di Kelurahan Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjodiresmikan secara berturut-turut. Batik Keris akan terus berevolusi dan berkembang untuk terus berkarya dalam industri batik Indonesia pada setiap zaman.