Model Kemeja Batik Pria Kekinian Dan Tips Memilih

Batik merupakan pakaian tradisional Indonesia yang berasal dari tanah Jawa. Popularitas batik bahkan kini tidak hanya tersohor di dalam negeri, namun juga sudah go internasional seiring dengan semakin banyaknya turis mancanegara yang membawa batik sebagai salah satu cindera mata pilihan. Batik dapat pula diaplikasikan dalam beragam jenis pakaian.

Baik pakaian santai hingga formal seperti daster sampai kemeja dapat memiliki motif batik. Kualitas batik yang paling bagus hingga saat ini berasal dari seputaran Jawa Tengah, yakni Solo dan Yogyakarta. Dari segi harga pun, di kedua kota yang memiliki sentra produksi batik tersebut, harga produknya pun sangat terjangkau.

Tips Memilih Kemeja Batik Pria Yang Bagus Dan Sesuai

Namun, dalam membeli sebuah pakaian, termasuk batik, yang terpenting adalah pemilihan model yang tepat, harga terjangkau, serta kualitas bagus. Terlebih kemeja batik pria yang biasanya digunakan untuk bekerja dan menghadiri acara-acara penting instansi maupun relasi. Berikut adalah beberapa tips saat hendak membeli kemeja batik pria yang dapat diterapkan :

1. Ukuran Kemeja
Batik pada dasarnya memiliki corak yang khas dan berkesan eksklusif. Namun, jika tidak memilih ukuran batik yang pas, maka kemeja yang dikenakan akan tampak murahan. Maksud dari pas di sini adalah kemeja tersebut memiliki ukuran menggantung di pinggang yang tepat sehingga menampakkan proporsi tubuh yang ideal.
Sebab, baik kemeja batik untuk pria maupun wanita, batik tersebut tidak dimasukkan ke dalam pinggang celana ataupun rok yang mana jika terlalu pendek akan memberi kesan negatif, terutama pada perempuan, sedangkan jika terlalu panjang akan tampak kedodoran dan tidak proporsional sama sekali. Karenanya, saat membeli selalu utamakan ukuran yang pas.

2. Pemilihan Warna
Dahulu, batik belum memiliki cukup banyak pilihan warna. Namun, saat ini batik sudah memiliki beragam opsi. Tetapi, tentu tidak semua warna akan cocok dengan tubuh, karena sejatinya, warna kulit mempengaruhi kesesuaian dengan warna dan corak sebuah pakaian. Misalkan memiliki kulit yang terang, maka warna yang agak ramai lebih cocok.
Sementara yang berkulit gelap, warna-warna agak gelap seperti marun dan biru tua adalah yang terbaik. Motif batiknya pun turut berpengaruh. Sebab itu, saat membeli kemeja batik pria, perhatikan dan pertimbangkan dengan saksama perihal warna pakaian agar menunjukkan aura diri dan bukannya membuat terlihat suram akibat pemilihan warna yang tidak tepat.

3. Bahan
Kemeja batik pria terbuat dari bermacam pilihan bahan. Mulai dari katun biasa, katun jepang, hingga sutra. Tingkatan termahal tentu saja kemeja batik dari sutra. Namun, biasanya pun produksinya terbatas untuk kalangan tertentu atau butik. Untuk kemeja sebenarnya bahan katun, terutama katun jepang sudah memiliki kualitas sangat bagus dengan harga terjangkau.

4. Jenis Batik
Terdapat dua jenis batik berdasarkan cara pembuatannya, yakni batik tenun dan batik lukis. Batik tenun diproses dengan alat manual mulai proses pembuatan kain hingga pola. Sehingga, pembuatannya pun memakan waktu lama yang berakibat pada harga jualnya yang sangat tinggi. Sedangkan batik lukis, menggunakan kain siap pakai dan harganya lebih murah.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini
Terdapat sebuah stigma bahwa fashion untuk pria sangatlah terbatas. Dari segi model pakaian memang benar, namun hal tersebut dapat diatasi dengan perbedaan bahan pakaian dan warna pilihan yang membuat fashion pria pun tetap berkembang. Untuk kemeja batik pria sendiri, di bawah ini adalah model-model yang tengah diminati di masyarakat :

1. Simply Blue
Biru yang sederhana. Maksudnya adalah dari bentuk pakaian hingga motif batiknya sendiri sangatlah sederhana, simple. Namun, justru kemeja batik pria seperti inilah yang paling laku di pasaran, karena mayoritas kaum pria tidak terlalu senang mengenakan pakaian yang terlalu mencolok dan mengharapkan desain serta model sederhana namun tampak keren ketika dikenakan.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (1. Simply Blue)

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (1. Simply Blue)

Kemeja batik pria ini memiliki dua gradasi warna berbeda, yakni biru muda atau hampir menyerupai langit dan biru agak tua seperti warna permukaan air laut. Corak batik dilukiskan dengan detail di bagian pergelangan lengan, sekitar tepian kancing, hingga bagian kerah. Kemeja batik tersebut akan sangat pas dipadukan dengan celana kain hitam.

2. Black And White
Kombinasi warna hitam dan putih memang sangat cocok untuk menonjolkan aura seorang gentleman. Terlebih, mayoritas laki-laki memang lebih menyukai warna hitam, putih, maupun warna-warna yang bersifat netral lain untuk dijadikan sebagai pilihan warna outfit yang dikenakan. Tidak heran jika kemudian produsen batik pun merilis produk sebagaimana dalam gambar.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (2. Black And White)

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (2. Black And White)

Bagian sebelah kanan kemeja batik berwarna putih polos dengan kerah bercorak hitam, sedangkan bagian sebelah kiri didominasi warna hitam dengan lukisan batik bergradasi putih. Motif batik yang dilukiskan sendiri merupakan Batik Trengganu yang berasal Kalimantan dan mungkin belum terlalu familiar di kancah industri batik nasional, namun memiliki kualitas bagus.

3. White And Chocolate
Kemeja batik pria yang satu ini tidak menggunakan warna putih terang, melainkan putih gading yang sering kali dikira merah muda pucat. Menggunakan warna ini memerlukan kepercayaan diri cukup tinggi karena banyak orang akan mengira mengenakan kemeja batik pink yang bukan merupakan warna umum untuk kaum adam.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (3. White And Chocolate)

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (3. White And Chocolate)

Motif batik lukis pada pakaian yang berwarna cokelat terang mendekati merah marun pun semakin memberi efek “pink-look-alike´pada kemeja batik tersebut. Padahal secara keseluruhan, kemeja batik lengan panjang itu tampak keren jika dikenakan dan cocok bagi mereka yang berkulit agak gelap karena akan memberi ilusi kulit lebih cerah dari biasanya.

4. Maroon
Jika menyukai kemeja batik pria dengan warna yang berani dan cukup mencolok meskipun tergolong klasifikasi warna gelap serta memiliki corak yang ramai, maka kemeja batik yang satu ini cocok untuk dijadikan pilihan. Kemejanya memiliki lengan yang panjang dan terkesan sangat formal sehingga lebih cocok untuk menghadiri acara yang bersifat resmi.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (4. Maroon)

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (4. Maroon)

Corak batiknya dilukis dengan menggunakan warna putih sehingga menghasilkan kombinasi yang lebih terang untuk warna marun ini. Namun, kemeja batik yang satu ini lebih cocok untuk mereka dengan warna kulit terang karena akan memamerkan kulit mulus mereka dengan sempurna, namun jika digunakan oleh yang berkulit gelap akan tampak kusam.

5. Abstrak
Abstrak tidak didasarkan pada warna kemeja batik pria yang satu ini, namun menyinggung tentang pola lukisan batik pada kemeja lengan pendek dengan dominasi warna abu-abu dan ungu tersebut. Sekilas, kemeja batik itu cukup meriah sehingga mungkin akan kurang familiar atau membuat tertarik bagi kaum adam meskipun sebenarnya tampak bagus dan berbeda.

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (5. Abstrak)

Kemeja Batik Pria Yang Sedang Tren Saat Ini (5. Abstrak)

Pola abstrak yang dipilih dapat mengandung pesan “what you see it’s not always the truth” atau dengan kata lain menciptakan cukup kebingungan untuk menilai kepribadian dari pemakainya. Kemeja yang dapat digunakan untuk acara semi formal dan resmi ini sekilas tampak mirip corak wayang dan cukup keren saat dikenakan.