Kemeja Batik Wanita Hits Tips Pemilihan Dan Perawatan

Kemeja bukan hanya pakaian pria, karena kemeja sendiri bersifat unisex atau dapat dikenakan pula oleh wanita. Termasuk kemeja batik. Model kemeja untuk wanita pun tidak monoton dan lebih variatif sehingga dapa digunakan untuk beragam kegiatan. Berikut ini adalah contoh-contoh kemeja batik perempuan yang tengah hits di pasaran :

1. Soft Green
Kemeja batik wanita yang satu ini sekilas akan membuat teringat akan jubah mandi di mana pada bagian pinggangnya memiliki tali ikat, begitu pula pada kemeja yang satu ini meskipun tetap dilengkapi dengan beberapa kancing berukuran besar yang tersamarkan karena memiliki warna senada dengan warna utama dari kemeja.
Kemeja yang dilukis penuh dengan motif batik berikut ini cukup mencolok meskipun warna hijaunya sendiri tampak teduh. Sehingga lebih cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Bagian lengannya berukuran 7/8 dan bagian kerah kemeja membentuk V-line dengan kerah yang memiliki model tidur.

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (1. Soft Green)

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (1. Soft Green)

2. Dark Red
Sekilas, bentuknya tidak jauh berbeda dengan kemeja batik wanita sebelumnya karena sama-sama memiliki deretan kancing yang condong ke tepi kiri. Namun meski sama-sama memiliki hiasan tali, posisinya berbeda. Kemeja soft green memiliki posisi tali yang mirip dengan jubah mandi, sedangkan kemeja dark red memiliki tali yang menggantung dari leher.
Pemilihan warna merah gelap dengan lukisan batik berpena putih tipis membuat tampilan keseluruhan kemeja batik menjadi tampak elegan. Warnaya cukup aman untuk digunakan oleh semua jenis warna kulit. Namun perlu diperhatikan juga bentuk bagian lehernya yang elips dan menonjolkan tulang bahu sehingga lebih pas bagi wanita bertulang bahu indah.

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (2. Dark Red)

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (2. Dark Red)

3. Easy Chocolate
Coklat yang santai, seperti itulah dekskripsi tepat dari kemeja batik berlengan panjang yang satu ini. Warna utama kemeja adalah merah tua yang menyerupai cokelat, dengan tepian pergelangan tangan dan leher serta jalur deretan kancing memiliki motif garis-garis berwarna cokelat emas. Kemeja yang cocok untuk sosok berkepribadian santai dan tenang.
Mereka yang memiliki kulit agak gelap sangat direkomendasikan memilih dan mengenakan kemeja yang satu ini karena akan membuat penampilan tampak lebih cerah. Namun, tidak berarti yang berkulit putih tidak boleh mengenakannya. Apalagi jika dipadukan dengan bawahan yang berwarna cerah seperti putih, dapat menonjolkan keindahan kulit putihnya dengan sempurna.

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (3. Easy Chocolate)

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (3. Easy Chocolate)

4. Golden Pink
Pink tentu tidak akan pernah dapat dipisahkan dari kaum hawa. Warna tersebut melekat begitu kuat sebagai favorit perempuan. Dipadukan dengan warna emas, kemudian menghasilkan sebuah kemeja yang begitu anggun dan eksklusif seperti pada gambar. Kemeja batik yang satu ini tergolong premium karena bahannya berasal dari sutra.
Warna utama sutra yang dihias dengan motif batik tersebut adalah emas yang memberikan efek glowing mengesankan. Sedangkan, untuk warna pink sendiri menjadi penanda tepian dari kemeja batik tersebut, termasuk di dalamnya : pergelangan tangan, kerah, dan garis kancing. Aksen polkadot pada jalur pink tersebut menambahkan keunikan serta value kemeja tersebut.

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (4. Golden Pink)

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (4. Golden Pink)

5. Shanghai White And Chocolate
Kemeja batik dengan rasa Tiongkok adalah definisi yang tepat dari kemeja batik yang satu ini karena jika mengesampingkan motif batiknya, maka seklias, kemeja batik tersebut mirip sekali dengan pakaian adat Tiongkok yang biasanya berwarna merah dan digunakan sebagai busana pengantin wanita dan kali ini dalam versi warna putih.
Putih menjadi pondasi utama dari kemeja batik yang satu ini, sedangkan corak batiknya dilukis di atas media kemeja lengan panjang polos tersebut dengan warna cokelat emas sehingga meningkatkan unsur priyayi dan keanggunan yang nanti akan mengenakan busana tersebut. Bentuk kemejanya cukup memberi kontur tubuh yang bagus.

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (5. Shanghai White And Chocolate)

Kemeja Batik Wanita Hits Dan Kekinian (5. Shanghai White And Chocolate)

 

Tips Memilih Kemeja Batik Wanita Agar Tidak Sampai Salah Kostum
Hampir semua orang mungkin pernah merasakan pengalaman salah kostum atau menggunakan pakaian yang tidak pas dengan tema acara yang dihadiri. Sayang sekali jika kemudian sudah membeli kemeja batik baru dan ingin memamerkannya dengan menghadiri sebuah undangan namun faktanya orang lan pada acara memiliki tema kostum yang jauh berbeda.

1. Supaya tidak sampai merasakan pengalaman salah kostum, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu dengan penanggung jawab acara akan konsep yang digelar. Jika bersifat non formal selayaknya hangout biasa, maka menggunakan kemeja batik akan tampak too much. Kemeja batik lebih cocok dijadikan kostum saat menghadiri acara semi formal hingga resmi.

2. Bila kemeja batik dapat masuk sebagai kostum pilihan, maka menggunakannya pun harus menyesuaikan dengan bahan, corak, serta warna. Untuk acara bersifat semi formal contohnya, jangan pernah menggunakan kemeja batik yang terbuat dari sutra karena justru akan menimbulkan keengganan orang-orang di sekitar karena mengira diri sedang pamer.

Cara Perawatan Kemeja Batik Wanita Yang Baik Dan Benar
Kemeja batik berbeda dengan kemeja pada umumnya di mana perawatannya tidak dapat disamakan dengan kemeja dengan motif non-batik. Dari segi harga pun biasanya kemeja batik lebih mahal dibandingkan kemeja dengan motif biasa. Berikut adalah beberapa tips perawatan agar kemeja batik tetap terjaga dengan baik :
1. Kemeja batik harus dipisahkan dengan cucian lain, terutama pakaian berwarna polos, seperti putih. Hal itu perlu dilakukan mengingat sifat batik yang memang mudah melunturi pakaian lain, tidak peduli sebagus apa pun kualitas kemeja batik yang dimiliki. Jika sampai melunturi, kemeja batiknya sendiri akan memudar ekstrem dan tidak pantas dikenakan.

2. Apabila kemeja batik yang dimiliki tidak terlalu kotor, maka tidak perlu dicuci menggunakan deterjen, melainkan cukup direndam saja dengan air hangat. Kotoran yang tidak membandel akan terangkat dengan sendirinya dan air hangat tersebut juga cukup membantu membuat cat lukis pada batik lebih menyatu dengan bahan utama kain.
3. Jika memang harus mencuci kemeja batik akibat noda membandel, ada dua hal yang perlu dihindari, yakni tidak boleh menggunakan mesin cuci dan deterjen. Dengan kata lain, harus mencuci secara manual. Hal tersebut dikarenakan mesin cuci sangat mudah merusak tekstur pakaian, padahal batik lebih rentan dibandingkan bahan pakaian lain.

Sedangkan deterjen dapat digantikan dengan shampoo yang dapat membersihkan juga dan memiliki formula yang lebih lembut untuk batik sehingga tidak akan melunturkan corak atau motif kemeja tersebut secara ekstrem. Hal ini cukup berhasil untuk membuat kemeja batik dapat digunakan dalam waktu lama dengan warna serta corak yang akan tetap bagus.

4. Setelah mencuci, jangan pernah juga menggunakan pelembut untuk kemeja batik. Meskipun melembutkan kain sehingga cukup licin ketika disetrika, faktanya pelembut mengerosi lapisan kain dan membuat pakaian lebih mudah robek dan akhirnya tidak akan dapat bertahan lama. Daripada pelembut, lebih baik gunakan pelicin saja saat hendak menyetrika.