Model Baju Batik Kantor

Cara memilih model baju batik kantor

Memilih baju untuk digunakan di kantor memang tidak mudah. Jika sampai salah menggunakan baju, bisa-bisa mendapat sanksi dari atasan. Baju batik adalah baju yang umum digunakan di setiap kantor, selain terlihat formal, batik juga mencerminkan budaya Indonesia. Beberapa kantor bahkan mengharuskan karyawannya untuk menggunakan batik. Namun, batik sendiri bermacam-macam modelnya baik yang formal dan non formal. Tidak banyak yang tahu perbedaan batik yang pantas digunakan di kantor atau di pesta, karena sepintas batik terlihat sama. Salah pemilihan batik bisa mengurangi kesan profesionalitas dalam diri Anda di kantor. Agar menambah profeesionalitas dalam bekerja, berikut ini cara memilih model baju batik di kantor:

Model Baju Batik Kantor

Model Baju Batik Kantor

  • Pilih bahan batik yang sesuai

Bahan batik yang digunakan ternyata cukup berpengaruh untuk menunjukkan bahwa diri Anda profesional. Apalagi jika Anda bekerja di perusahaan-perusahaan besar, klien dan partner di kantor akan dengan mudah menilai bahan baju yang Anda gunakan. Sebaiknya gunakan model baju batik kantor yang berbahan lembut dan nyaman. Jangan gunakan bahan yang murahan karena Anda akan terlihat kurang profesional. Tidak ada salahnya memberikan budget sedikit lebih untuk memberikan penamplan terbaik di kantor.

  • Gunakan warna yang cenderung netral

Pemilihan warna dalam model baju batik kantor harus diperhatikan. Suasana kantor yang cenderung formal lebih pas menggunakan baju berwarna netral seperti coklat atau krem. Warna-warna netral ini membuat orang lain lebih nyaman untuk melihatnya terutama ketika sedang stres dengan pekerjaan di kantor. Warna-warna netral juga membuat Anda terlihat lebih dewasa dan bijaksana. Hindari warna-warna terang seperti kuning atau hijau muda, warna-warna seperti itu kurang formal dan lebih cocok digunakan di pesta.

  • Pilih batik bercorak geometris dan tidak ramai

Hal lain yang membuat bingung saat memilih batik adalah corak apa yang akan dipilih. Batik memilih banyak sekali jenis corak baik yang lama maupun kreasi baru. Kemudian corak mana yang tepat digunakan di kantor? Model baju batik kantor umumnya menggunakan corak geometris. Corak ini adalah corak yang berbentuk garis-garis lurus. Corak geometris terlihat sederhana sehingga tidak mencolok untuk digunakan di kantor. Sebaiknya hindari corak yang terlalu ramai agar Anda tidak dianggap salah kostum.

  • Model yang nyaman dan membuat Anda bebas bergerak

Tujuan utama Anda menggunakan baju rapi di kantor adalah agar bisa leluasa bekerja, sehingga pilihlah model baju batik kantor yang nyaman. Baju yang nyaman memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa sehingga bisa bekerja dengan lebih baik. Tentu saja Anda akan terlihat profesional dengan kinerja yang lebih baik.

  • Menggunakan blazer dan dasi batik terlihat semakin formal

Untuk wanita, blazer dapat membuat penampilan semakin terlihat formal dan rapi. Banyak wanita yang memilih menggunakan blazer ke kantor agar terlihat lebih profesional. Model baju batik kantor ini memang umum untuk digunakan. Jika Anda ingin penampilan yang lebih sederhana, bisa gunakan dalaman polos disertai dengan blazer batik. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan dasi batik, tentunya dasi untuk wanita tidak seformal dasi laki-laki. Sedangkan untuk karyawan laki-laki bisa mengkombinasikan kemeja polos dan dasi batik, atau sebaliknya, kemeja batik dan dasi polos.

Menggunakan model baju batik kantor yang tepat bisa mempengaruhi cara pandang klien terhadap Anda. Tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa mendapatkan promosi mulai dengan menjaga penampilan Anda.